Seleksi Tahap 1 AFS/YES




            Okay guys, I’m back! XD yep, ini beda sama postingan yang biasanya berhubungan sama gambaran. Jadi, aku kan ada bilang di postingan sebelumnya, kenapa aku baru aktif bulan-bulan ini karna aku mengikuti program AFS/YES keberangkatan tahun 2018/2019. Disini, aku ngambil program AFS dan pilihan pertama aku adalah Jepang. Yes! Cuz I’m in love with Japan sooo badly *v* semoga aja aku dapet :D kenapa aku mutusin buat nge-posting tentang tes ini karna postingan di blog-blog itu beneran bantu aku banget, jadi aku juga mau adek-adek yang ikut program ini tertolong/terbantu karna postingan ini :D oh iya, aku ngeposting tentang tahap 1-3 ini di postingan yang terpisah, karna kalau digabung bakalan panjang banget :’v mungkin orang-orang ga suka baca postingan yang panjang ya, tapi waktu aku dulu searching-searching tentang AFS/YES, aku sukanya lihat blog yang panjang jelasinnya jadi aku bener-bener bisa membayangkan apa yang akan terjadi saat tes, makanya aku buat yang panjang-panjang. Gapapa kan? Wkwk dibaca ajalah soalnya aku ngasih tau apa yang belum kebanyakan dibahas di blog lainnya :D
            Kalau masih ada yang belum tahu tentang AFS/YES, kalian bisa searching kok di google. Tapi disini aku bakal jelasin sedikit. Jadi, aku minta kalian yang mengikuti program ini harus benar-benar serius dan ngerti sampe sedalam-dalamnya kalau bisa. Soalnya waktu tes tahap 3, orang tuaku disuruh datang dan dijelasin sejelas-jelasnya apa itu YES, apa itu AFS. Terus aku ditest ayahku tentang apa yang kuketahui mengenai AFS/YES yah aku jawab sebisaku aja :’v YES/AFS itu lembaga milik Amerika. Kalau di indonesia dibawah naungan Bina Antarbudaya. Kepanjangan YES adalah Youth Exchange and Study. Program YES ini khusus untuk ke Amerika dengan biaya 0%  alias GRATIS. Tapi, yang perlu kalian garis bawahi disini tiap yang gratis pasti ada syaratnya. Jadi bukan berarti kamu bisa dapetin ini. Jadi di sekolah aku dulu itu pada ngepromosiin program YES ketimbang AFS. Di sekolah aku itu cuman aku doang yang AFS karna orang-orang ngejar yang gratis. Cuman karna aku milih Jepang ya aku musti AFS. Jadi, YES itu lebih diperuntukkan untuk orang yang enggak mampu, guys. Jadi, kalau hitungannya kamu masih mampu lebih baik kamu milih AFS. Karna kalau kamu tetap milih YES, di seleksi berkas kamu akan gagal. Kan nanti keluarga kamu juga dikepoin keadaan ekonominya gimana. Maksudku, bukan berarti aku mengharuskan kamu milih AFS, tapi pikirkan baik-baik dulu. Karna banyak yang tiba-tiba orang tuanya bingung harus milih AFS atau YES waktu tes tahap 3 gara-gara permasalahan yang aku bilang itu. So, think it carefully!
            Untuk AFS itu kepanjangannya American Field Service. AFS ini pilihan negaranya banyak ada Thailand, Jepang, Malaysia, Finlandia, Rusia, dll (searching ya). AFS ini tentunya berbayar, jadi lebih diperuntukkan untuk yang mampu. Kalau kamu memang mau berangkat, kamu harus seriusin dulu tes seleksinya sampe seleksi 3. Ntar di seleksi 3 orang tuamu bakal dipanggil untuk diarahkan tentang masalah biaya. Jujur nih, orang tuaku itu gak terlalu kaya, yah ibaratnya berkecukupanlah. Tentunya kalau bayar ratusan juta itu harus jual mobil rumah dulu :’) tapi, syukurnya kamu masih bisa minta sponsor kok. Ortu kamu memang harus tetap bayar tapi bakalan dibantu sama sponsor. Jadi yang takut masalah biaya, kamu test aja dulu. If God really let you get this program, there must be a way to solve the problem.
            Okay, itu sekilas tentang AFS/YES nya. Aku ngasih tau apa yang belum kebanyakan dibahas di blog-blog orang, jadi untuk perkenalan AFS/YES lebih lanjut, silahkan searching di google :D aku disini benar-benar nyeritain pengalamanku ya bukan pengalaman peserta seleksi pada umumnya XD waktu tahun 2017 bulan maret itu pin baru di jual. Kalau ga salah dari tanggal 10 Maret sampai 16 April. Aku langsung beli tanggal 10 Maret kalo ga salah XD pokoknya aku sama temanku, Mona itu bener-bener niat banget sama program ini. Kami ini tinggal di Palangkaraya, jadi kalau mau beli itu harus ke Banjarmasin. Tapi kami beli online aja sama kakak chapternya bisa kok. Pokoknya kami ini ngurus semua itu secara pribadi ga konsultasi sama sekolah atau apa. Karna aku awalnya gatau kalau sekolahku itu juga mengikuti program ini (duh kudet :v). Aku baru tau pihak sekolah juga ikut itu pas bulan April. Terus akhirnya aku ikut diurusin pihak sekolah. Jadi, setelah kalian beli pin yang harganya Rp.50.000,- itu, kalian disuruh ngisi formulir online di webnya Bina Antarbudaya. Pokoknya kalian mesti ngisi formulir dengan benarrrr! Jangan asal-asalan! Soalnya ini penting banget buat tes tahap 2 sama seleksi berkas. Jadi semua yang kamu tulis disitu harus dikemas dengan baik :D aku waktu nulis itu banyak typo nya wkwkw, nomor hp salah, nama saudara ga bisa diketik di kolomnya, dll lah. Pokoknya diteliti lagi hehehe. Terus fotonya kalau bisa pake foto formal ya, yang make seragam putih abu-abu, berdasi, rapi, disisir wkwkw. Temen-temenku yang lain ada yang make foto selfie gitu :’b karna ini kan bersifat resmi dan formal, jadi kalian sebisa mungkin ngetik pakai bahasa formal, pake foto resmi, dll. Sip! Kalian tinggal klik finalisasi dan kirim berkas ke chapter masing-masing. Kalau aku, karna palangkaraya itu subchapter, jadi kami ngumpul ke pihak banjar pas diadakannya seleksi tahap 1 (pihak binabud banjarmasin yang ke palangkaraya). Jadi, kami tinggal duduk manis aja.
            Tes diadakan di SMAN 2 Palangkaraya pada tanggal 30 April 2017. Waktu itu dikabarkan jam 7 tesnya. Ternyata pas udah nyampe sana tesnya diundur jadi jam 9, yaudah aku ke wifi.id aja sampe jam 9. Pas udah disana kita disuruh daftar ulang gitu, kayak ngeabsen. Aku sama mona karna kami niat banget jadi finalisasi duluan. Dan hasilnya mona nomor 0001, aku 0002 XD wkwkwk. Rasanya yang daftar di subchapter ini ada sekitar 45 orang kali? Terus kami dipisah jadi 2 ruangan sesuai nomor urutnya. Kakak voluntir/returnee nya bilang tesnya dibagi jadi 3, yaitu tes pengetahuan umum, tes b,inggris, sama essay. Jadi aku bakal jelasin satu-satu dulu.
·         Tes Pengetahuan umum
Tes ini isinya umum banget lol XD jadi, karna aku takut ga lolos. Aku sebulan sebelum diadakannya tes udah niat banget belajar RPUL satu buku itu aku tulisin yang penting-penting di buku kecil. Aku sampe belajar tentang pariwisata, SDA, sama kemerdekaan , pokoknya aku pelajarin semua :’v aku juga cari –cari contoh soal diblog lain. Dan sumpah yang aku pelajarin di RPUL itu dikittttt banget keluarnya :v soal-soal di blog juga dikitttt banget yang sama, paling 1 atau 2 soal yang sama. Jadi, yang perlu kalian ingat itu soal tiap tahun itu beda. Banyakin baca RPUL, jangan banyak baca soal+jawaban doang :v pokoknya kalian rajin-rajin aja ngapalin RPUL plus berita yang lagi trending. Jangan sampe kalian mikir kalo di baca satu RPUL penuh itu sia-sia. Emang bener sih rada sia-sia :’v dulu aku saking takutnya ga bisa jawab, aku udah mulai ngerangkum RPUL dari sebulan sebelum tes tahap 1. Hampir semua aku catat, termasuk SDA, pariwisata, candi, perjanjian linggarjati, sejarah, dll. Yang keluar di soal emang dikit sih dan aku sampe pasrah bener jawabnya. Tapi aku percaya sih usaha itu ga bakalan ngekhianatin hasil. Dan ternyata bener, aku keterima! Jadi, jangan sampe kamu mikir usahamu sia-sia. Kalau sudah berusaha pasti ada jalan kok! Waktu selesai ngerjain soal aku langsung buru-buru nulis ini wkwkwk. Ini gambaran soalnya ya, bukan soal yang bakal keluar pas kamu tes ntar :v
1.      Mata uang swiss
2.      Lambang sila ke4
3.      Napoleon lahir dimana
4.      Volume limas (p : 24, l: 12), tinggi? Luas : 1728 
5.      U1= 3 u2=6 u3 u6? U6:28
6.      Urutan ibukota prov dri utara-selatan
7.      Yg berbatasan drt sm jerman
8.      Hasil ekskresi
9.      Vibraphone adlh alat
10. Donald trump presuden ke
11. Raja salman dtg ke indo lgi stlh tahun ke
12. Hasil KMB kecuali
13. Penjajh belanda yg nyuruh buat jalan raya pos
14. Ttg kartini
15. Ttg australia 
16. Piala uber, piala thomas, piala sudirman
17. Candi bercorak hindu
18. Majas personifikasi, simile
19. Kepanjangan BMKG
20. Alat ukur angin
21. Pajak 
22. Tintin dr negara apa
23. Peta buta
·         B.Inggris
Kalo yang b.inggris itu random sih, mending kamu cari soal olimpiade b.ingg gitu. Katanya ada yang bilang mudah, tapi yang kemarin aku tes itu susah :’v itu lebih ke grammar sama kata yg similar meaning. Jadi belajar aja wkwkw
·         Essay
Pas essay itu ada 3 topik. Kalian pilih salah satu aja. Waktu aku kemarin topiknya ini:
1.      Kearifan local.
2.      Dua keputusan penting dalam hidupmu.
3.      Masalah dunia dan cara mengatasinya.
Tips dari aku kalian jawab ini bener-bener, gak boleh ngasal sama sekali. Jangan ada pikiran ngasal-ngasal aja dah yang penting aku dapet. BIG NO! soalnya meski kalian lulus, dan kalian masuk ke tahap 3, itu nilai kalian bakal diakumulasikan dari tahap 1-3. Makanya bener-bener. Dan kayaknya aku ga lolos di tahap 3 gara-gara tahap 1 nilaiku ga tapi bagus, soalnya aku urutan ke-8 waktu itu. So, jangan ngulangin apa yg pernahaku alamin. Kalian yg baca postingan panjang ini sampai bagian ini. May God bless you on this test. thanks for visit! Fighting!!

Comments

Popular posts from this blog

Painting (1st Experience)

Niina's First Love Story (Hajimari No Niina) by Koyomi Minamori (comic review)

Love Is In The Air/ Air Koi by Nanajima Kana (Comic Review)