Seleksi Tahap 2 AFS/YES Tahun Program 2018/2019

Yeahhh setelah sekian lama akhirnya update lagiii :D but still its oot yaa, soalnya lagi dikit banget punya waktu buat gambar apalagi fullday :) btw aku lagi demen digital art nih, kapan2 ku post wkwk yess langsung aja, disini aku mau cerita tentang pengalaman aku ikut tes afs, khususnya tahap 2~~

Kayak yang aku bilang sebelumnya di postingan aku yang tahap 1 itu, aku disini lebih menceritakan tips ya daripada soal. Dan kalo menurutku pertanyaan yang bakal diajukan di wawancara ini sudah semua kutulis. Tapi yah namanya wawancara kan beda2, ga itu melulu. Temen2ku juga yg ditanyain beda2 kok. Soalnya yang ngatur alur pembicaraan itu ya kamu sendiri. So, be yourself :)

Bagi kalian yang lolos tahap 2, congrats!!! Disini pribadi kalian bakal dibuka bener2 biar mengetahui kualitas diri kalian itu seperti apa, kepribadiannya seperti apa, cara menjawabnya, dll. Kalo tips dari aku sih kamu harus berani. harus. Kudu. Wajib. Jangan malu intinya, pede aja. Soalnya gimana kamu mau berhadapan dengan dunia luar kalo berhadapan sama 1 orang asing aja takut? Ya kan? Kayak yang aku bilang kalo yang ngatur alur wawancaranya itu kamu sendiri. Jadi kalo kamu ga mau ada topik tentang politik dsb ya jangan dibahas kesitulah :v intinya apa yang ada di otak alirin aja, let it flow guys!

Oke, wawancara ini dibagi jadi 2 section, ada wawancara b. Inggris ada B. Indonesia. Dulu itu, saking excitednya aku, aku datang paling pertama guys :') pertama :') belum ad peserta. Terus disitu ada guru aku nyamperin dan aku disuruh semacam registrasi dulu kayak absen gitu pokoknya sama panitia. Terus ada orang turun dari tangga, dan ternyata mereka pewawancaranya :') tiba2 mereka datang bilang ayok langsung aja biar cepet. Seketika lemes deh pokoknya, udah sendirian pertama lagi huhu TT trus kubilang aja nunggu temen dan akhirnya mereka mau nunggu *Puji Tuhan* :) trus temen aku datang sekitar 3 atau 4 gitu, dan kami dibawa ke dua ruangan. Jadi, aku peserta paling pertama untuk ruang wawancara B.Indonesia. disitu ada 2 orang, aku lupa siapa namanya. Satu perempuan satu laki-laki. Ramah orangnya, baik juga. Btw aku jujur sih pertanyaan yang mereka lontarkan itu ga terlalu sulit tapi entah menjebak jadi ya sulit juga sih wkwk intinya klo jwb rada serbasalah. Jawabnya harus hati-hati gitu. Jangan rada ceplas-ceplos juga. Sambil dipikir juga lah yaa wkwk

Pertanyaan yang dilontarkan itu kayak gini :
B.indo :
1. Jelasin dirimu sendiri
2. Kenapa mau milih program ini
3. Tentangg yg kamu tulis di formulir
4. Klo drmh punya tugas khusus apa
5. Klo pisah dr ortu gmna
6. Alasan kenapa kami (binabud) harus memilih kamu

Aku ga bisa kasih detailnya gimana sih karna itu setahun yang lalu :( jadi lupa2 ingat. Intinya dr semua temen yg diwawancara banyak tentang diri sendiri gitu. Mereka bahkan ada yang ditanyain artis favoritnya apa dll. Jadi beda2. Udah selesai itu, aku langsung masuk ke yang wawancara b.inggris, disitu ada pak maladi. Ramah banget plus baik!! Eh btw kalo kamu bakal tes tahap 2 itu telinga dikorek ya biar ga budeg soalnya aku sekitar 3 kali nanya minta ulang :'''''''''''''''''''' malu banget kan guys wkwkwk

B.ing :
1. Tell about urself
2. Why do u want to go to ()
3. Who is the person who can influence ur life?
4. What is the memorable moment that can change ur life?
5.  what is the harderst question when you're on indonesia interview

Hampir2 sama kan? Disini ga perlu grammar ya kayaknya? Kalo menurut aku sih lebih ke kamu bisa ga komunikasi sama orang luar nanti, nyambung ga. Terus tips dari aku sih ambil topik yang mudah dicerna, intinya jangan gunain kosakata sulit kalo gamau bingung :') aku pernah kelupaan arti kata jadi yah begitulah rada gelabakan wkwkwk. Kalian juga harus lebih aktif jangan banyak diemnya. Buktikan kalo kalian bisa ngomong kok sama bulee wkwkw. Menurutku soal paling sulit itu nomor 5 sih. Sulitttttttttttttt bangettt :'''''''''''''''''''' sebelum aku mau jawab pak maladi ijin ke ruangan sebelah buat nanyain jawabanku apa tadi pas di wawancara indo. Jadi harus ingatlah wkwk

Tapi dari seleksi tahap 1-3, aku paling suka tahap 2~~ karna rasanya aku bisa kasih tau langsung apa yang mau kuceritain, jadi kalo semisal ad salah tanggap bisa langsung diluruskan :) semoga kalian yang baca ini bakal lolos ke tahap berikutnya. Makasih banget yang mau baca dari tahap 1 sampai tahap 2 inii, sumpah ini panjang banget kan apalagi yang tahap 1 wkww yang setia membaca semoga dapat berkat. GBU!💕

Comments

Popular posts from this blog

Painting (1st Experience)

Niina's First Love Story (Hajimari No Niina) by Koyomi Minamori (comic review)

Love Is In The Air/ Air Koi by Nanajima Kana (Comic Review)